» » Komisi VIII Harapkan Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir Wosi

Komisi VIII Harapkan Solusi Jangka Panjang Atasi Banjir Wosi

Penulis By on Rabu, 30 Oktober 2013 | No comments

PAPUA BARAT (LKBKalimantan.com) - Harus ada solusi jangka panjang yang sifatnya menyeluruh untuk mengatasi banjir yang hampir setiap tahun menerjang perumahan warga yang berada disepanjang bantaran kali atau sungai Wosi, Manokwari, Papua Barat.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi VIII DPR RI, Nurul Iman Mustofa saat mengunjungi perumahan warga Wosi, Manokwari, Papua Barat Selasa (29/10) pasca banjir bulan lalu.

"Harus ada solusi jangka panjang untuk mengatasi banjir yang hampir setiap tahun melanda pemukiman warga di sepanjang sungai atau kali wosi ini. Diantaranya reboisasi atau penghijauan kembali lembah hijau atau hutan lindung " kata Nurul Iman.

Konon, lembah hijau atau hutan lindung Wosi Rendani  kehilangan pohon-pohon besar yang diduga akibat adanya penebangan liar. Pohon-pohon tersebutlah yang sebenarnya bisa menopang tanah di saat debit air hujan meningkat.

Selain itu menurut Anggota Komisi VIII lainnya, Ketut Sustiawan normalisasi kali atau sungai Wosi dan penataan daerah-daerah sekitar aliran sungai juga sangat diperlukan. Pengerukan dan pelebaran sungai yang ada disertai dengan pembuatan sudetan disepanjang sungai.


Menanggapi hal tersebut anggota BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang ikut dalam tim peninjauan Komisi VIII mengatakan bahwa pihaknya akan langsung berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) serta dengan Pemprov Papua Barat untuk mencari solusi terbaik dari berbagai masukan yang dihimpun.***(Ayu)

>Foto : Papua Barat. ***(doc.Ist)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya