» » Biro Humas Jatim Raih Anugerah Media Humas 2013

Biro Humas Jatim Raih Anugerah Media Humas 2013

Penulis By on Rabu, 20 November 2013 | No comments

lkbkalimantan.com, Dua penghargaan sekaligus diraih Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur di penghujung tahun 2013. Prestasi tingkat nasional tersebut berupa Anugerah Media Humas  2013 untuk kategori Advertorial dan Merchandise Utama, yang diberikan oleh Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pusat.
Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan berlangsungnya agenda tahunan Pertemuan Nasional Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas)di The Sunan Hotel, Solo, Rabu (20/11) malam.
"Alhamdulillah tahun ini kami memperoleh dua penghargaan sekaligus, yakni untuk kategori Advertorial sebagai Terbaik 2. Yang kedua untuk kategori Merchandise Utama sebagai Juara Harapan 1," ujar Lies Idawati Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jawa Timur saat dikonfirmasi tadi malam.
Aspek penilaian untuk kategori advertorial meliputi teknik penulisan, nilai berita, angle dan judul, layout dan penempatan, standar editorial dan keseluruhan presentasi kreatif. Sedangkan merchandise utama berupa produk humas yang melambangkan identitas kelembagaan dan diberikan sebagai souvenir utama kepada stakeholder lembaga. Aspek penilaiannya adalah adanya kesesuaian antara tampilan dan jenis merchandise dengan bidang pekerjaan lembaga, serta bentuknya harus dalam perspektif kehumasan.
Menurut Lies, advertorial yang dikirimkan kepada panitia lomba berupa rubrik "Jalin Kesra" dan "Teras Jatim" yang dimuat oleh dua media cetak nasional terbitan Surabaya. Dua jenis advertorial itu sesuai dengan kriteria penilaian, khususnya di presentasi kreatif. Sedangkan merchandise, ujar mantan Sekretaris Dinas Kominfo Prov Jatim tersebut, pihaknya mengirimkan souvenir miniatur kapal Majapahit yang terbuat dari perak. Merchandise tersebut dinilainya sangat cocok mewakili identitas Jawa Timur sebagai ibu kota dari sebuah kerajaan besar di nusantara. Sekaligus itu juga untuk mengingatkan betapa pentingnya kita melestarikan karya-karya fenomenal yang dihasilkan oleh nenek moyang kita.
"Kami menganggap ini sebagai bentuk apresisasi atas kinerja humas Pemprov Jatim.  Semoga (penghargaan) ini bisa menjadi pemacu semangat bagi rekan-rekan di Biro Humas dan Protokol untuk berkarya lebih baik lagi," tambah Lies.
Anugerah Media Humas (AMH) merupakan apresiasi bagi karya kehumasan atas perannya dalam komunikasi pemerintah. Pemberian penghargaan AMH ini telah dilaksanakan sejak tahun 2006 oleh Bakohumas, Kementerian Kominfo. AMH selama ini telah menjadi instrumen bagi Bakohumas untuk mempublikasikan peran strategisnya dalam upaya membangun kualitas sumber daya humas pemerintah.
AMH Tahun 2013 diikuti oleh 142 peserta yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Perguruan Tinggi, serta BUMN. Ada lima kategori yang dilombakan yakni Penerbitan Internal, Laporan Kegiatan Humas Tahun 2012, Pelayanan Informasi Melalui Internet (website), Merchandise Utama, dan Advertorial.
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI  Freddy H Tulung selaku Ketua Umum Bakohumas menilai, peran humas semakin strategis seiring dengan perkembangan era reformasi dan era keterbukaan informasi publik. Komunikasi pemerintah juga efektif dan dipandang mampu memberikan akses informasi alternatif bagi keseimbangan dan mengedukasi masyarakat. "Humas diharuskan mampu mengemas sistem pengelolaan informasi yang dibutuhkan publik, akurat dan menarik," ujarnya. (redd)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya