» » Dino “Budayakan” Batik di Amerika Serikat

Dino “Budayakan” Batik di Amerika Serikat

Penulis By on Kamis, 31 Oktober 2013 | No comments

WASHINGTON DC (LKBKalimantan.com)  - Dalam upaya melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Kompetisi Desain Batik Amerika Pertama (The 1st American Batik Design Competition) pada tahun 2011 yang merupakan inisiasi dari Dr. Dino Patti Djalal, Duta Besar RI di AS, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC  bekerjasama dengan Jenderal Konsulat Indonesia di Chicago, Houston, Los Angeles, New York dan San Francisco, telah meluncurkan Kompetisi Desain Batik Amerika yang ke-2 (The 2nd American Batik Design Competition) pada bulan Maret 2013.

American Batik Design Competition pada tahun 2011 adalah pertama kalinya kompetisi desain batik diselenggarakan di luar negeri, dan sekarang telah direplikasi di negara-negara lain seperti di Italia . Hal ini secara efektif membantu memperkuat hubungan people to people contact antara Amerika Serikat dan Indonesia, dan telah membawa budaya kreatif Indonesia lebih dekat dengan budaya populer Amerika.Apresiasi terhadap budaya Indonesia diperkuat ketika desainer Amerika belajar lebih banyak tentang batik, dilain pihak melalui kompetisi ini masyarakat Indonesia akan pula meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai budaya Amerika.

Kompetisi ini bertujuan untuk memperkenalkan kreatifitas dan inovasi desain batik, sekaligus upaya untuk memperkenalkan batik kepada dunia serta mendorong budaya batik Indonesia ke ranah keragaman budaya Amerika . Sebagai informasi,

Kompetisi ini merupakan tantangan bagi desainer berbasis di AS menciptakan desain batik dengan gaya Amerika yang berbeda. Kompetisi kali ini bertema  - “The spirit of America in the heritage of batik”. Pada acara Malam Penganugerahan tersebut 3 (tiga) desainer pemenang akan memenangkan tiket untuk melakukan perjalanan ke kota-kota di Indonesia pada dua minggu tur batik, pameran di Indonesia dan di Amerika Serikat serta hadiah uang tunai.

Sejak tahun 2011, kompetisi telah menghimpun sembilan tema yang menakjubkan dari para desain batik Amerika, antara lain tema desain : Cowboy , Totem, Divine Unity, Gandum, Pantai, Bintang dan Garis (Stars and Stripes), Binatang/kerbau (Buffalo) dan kode elektronik (QR Code). Pada Kompetisi Desain Batik Amerika tahun 2013, akan ada lima buah tambahan jenis desain batik Amerika. Hasil dari finalis Kompetisi ini yang berupa cetak biru pola batik, telah dibuat dan dicetak dalam kain batik yang utuh di Yogyakarta, dan akan dipamerkan pada acara Malam Penganugerahan Pemenang Kompetisi Batik Desain Amerika yang kedua malam nanti. 

Batik merupakan seni melukis dan mewarnai tekstil menggunakan menggunakan lilin pewarna khusus dengan canting atau metode lainnya. Seni tekstil batik dengan segala corak, pola dan desainnya sudah sangat terkenal dan tersebar luas di seluruh Indonesia. Hal ini telah menjadi bagian integral dari identitas budaya Indonesia.

Malam Penganugerahan Pemenang Kompetisi Batik Desain Amerika yang diselenggarakan pada tanggal 30 Oktober 2013 di Mandarin Oriental Hotel, Washington DC, AS. Pada acara tersebut akan diawali dengan Pameran Batik Indonesia yang akan dimulai pukul 17:00 menampilkan koleksi kekayaan khasanah batik dan tekstil Indonesia. Setelah pameran, dilanjutkan dengan acara Resepsi pada 17:30 dan kemudian ikuti dengan sambutan-sambutan pembukaan dan makan malam. Gala Dinner akan dibuka dengan sambutan oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dr.Dino Patti Djalal, dan juga sambutan dari  Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Makan malam juga akan menghadirkan peragaan busana batik Indonesia dari perajin batik ternama Indonesia, Alleira, dan Designer Tekstil terkenal Amerika yang berbasis di New York, Mary Jaeger. Turut menyemarakkan acara Malam Penganugerahan juga akan ditampilkan beragam  tarian tradisional Indonesia, musik, pertunjukan, dan makanan Indonesia. Hadir secara khusus untuk menghibur tamu undangan pada malam Malam Penganugerahan ini adalah pemusik Diaspora Indonesia dari Belanda, Daniel Sahuleka.

Malam Penganugerahan dihadiri oleh sekitar 500 orang, termasuk pejabat seperti anggota Kongres dan Senat AS , pejabat tinggi pemerintah, para Duta Besar ASEAN dan negara-negara sahabat serta korps diplomatik, seniman, pebisnis AS/ CEO perusahaan AS, para finalis dan hakim Kompetisi Desain Batik dan undangan lainnya. 

Rangkaian kegiatan Kompetisi Batik Desain Amerika yang kedua serta Acara Malam Penganugerahan tersebut terselenggara atas kerjasama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington DC dan didukung oleh Bank Negara Indonesia (BNI), PERTAMINA, Freeport McMoRan , dan Chevron.***(lkbk)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya