» » Jembatan Kelok Sembilan Luar Biasa, Seperti Di Jepang

Jembatan Kelok Sembilan Luar Biasa, Seperti Di Jepang

Penulis By on Rabu, 30 Oktober 2013 | No comments

SUMATERA BARAT (LKBKalimantan.com) - Presiden mengagumi keindahan arsitektur dan lanskap Jembatan Kelok 9 di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. "Luar biasa sekali pemandangannya. Ini tidak kalah dengan pemandangan di Jepang. Jembatan ini juga mahakarya anak bangsa," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri, Presiden SBY meninjau jembatan yang pembangunannya dilakukan sejak 2003 silam. Kamis (31/10) besok, Presiden akan meresmikan jembatan ini bersamaan dengan puncak peringatan ke-33 Hari Pangan Sedunia di Padang.

Menteri PU Djoko Kirmanto dalam penjelasannya menyampaikan bahwa jembatan yang memiliki panjang 943 meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 meter telah lolos uji kelayakan. Jemabatan Kelok 9 dilengkapi rambu-rambu dan penambahan pengaman jalan (road safety) dengan penghijauan di tebing-tebing sekitarnya.

"Jembatan Kelok 9 merupakan jembatan penghubung antara Payakumbuh, Sumatera Barat, dan Pekanbaru, tepatnya di Kilometer 143 hingga Kilometer 148 dari Padang. Rata-rata, sejumlah 7.900 kendaraan setiap harinya melintasi jalur ini," Menteri Djoko menjelaskan.

Kelok 9 sendiri merupakan jalan lintas tengah Sumatera, menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat. Dinamakan Kelok 9 karena jalan ini memiliki 9 buah kelokan. Karena pemandangannya nan indah, Kelok 9 juga merupakan salah satu tempat peristirahatan favorit bagi para pengendara dari Riau menuju Sumbar.

Dulu, banyak pihak beranggapan pembangunan Jembatan Kelok 9 akan menghilangkan nilai sejarah yang menjadi kebanggaan warga Sumbar. Tetapi ternyata tidak. Kelok 9 yang lama tetap bisa dinikmati sebagai keindahan wisata. Fenomena alam yang eksotik dan segarnya udara perbukitan tetap dapat kita temui. Para pengendara kendaraan roda dua dan empat dimanjakan dengan pemandangan alam dari hutan lindung dan konservasi.

Jika Jawa Timur punya Jembatan Suramadu dan Bali memiliki jalan tol di atas laut, maka Sumbar kini boleh bangga punya ikon baru infrastruktur, ya Jembatan Kelok 9 ini. Panjang jembatan sekitar 943 meter dengan jalan penghubung sejauh 2.089 meter.

Mendampingi Presiden SBY pada peninjauan ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Menteri PU Djoko Kirmanto, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana, dan Menhub EE Mangindaan. Turut pula Ketua DPD RI Irman Gusman.***(yor)

> Foto : Jalan Kelok 9 di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. ***(doc.foto: google)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya