» » » BDF Telah Jadi Bagian Penting Arsitektur Demokrasi Kawasan

BDF Telah Jadi Bagian Penting Arsitektur Demokrasi Kawasan

Penulis By on Kamis, 07 November 2013 | No comments

BALI (LKBK) - Forum Demokrasi Bali atau Bali Democracy Forum (BDF) telah berkembang menjadi bagian penting dari arsitektur demokrasi di kawasan Asia Pasifik. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan hal ini dalam pidato pembukaan BDF VI di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (7/11) pukul 09.30 Wita.
"Forum ini menjadi wadah bagi negara-negara Asia Pasifik untuk berbagi pandangan, pengalaman, dan implementasi dalam demokrasi," kata Presiden SBY.
Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan tari selamat datang 'Widyadari'. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa kemudian menmyampaikan laporannya. Menurut Marty, BDF VI dihadiri perwakilan dari tidak kurang 86 negara dari kawasan Asia Pasifik dan lainnya, termasuk menteri dan ketua delegasi, serta 6 organisasi.
Kepala negara dan pemerintahan yang hadir adalah Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam dan PM Timor Leste Xanana Gusmao. Dalam daftar yang dikeluarkan panitia, tercatat juga ada 10 menteri mengikuti BDF ini. Mereka berasal dari, antara lain, Australia, Fiji, Malaysia, Selandia Baru, Liberia, Belanda, dan Hungaria. 
Dalam sambutannya, Presiden SBY menjelaskan bahwa dari berbagai disukusi dalam forum ini dapat disadari terdapat hubungan antara promosi demokrasi dan pembangunan, serta demokrasi dengan perdamaian dan stabilitas. 
SBY berbagi pengalaman Indonesia dalam mengkonsolidasikan demokrasi di tengah kemajemukan. Menurut Presiden, Indonesia menjamin hak konstitusional seluruh warga negara, penegakan supremasi aturan hukum, mempromosikan partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan keputusan, dan interaksi antarkelompok masyarakat. "Semua itu adalah hal-hal yang dapat dijadikan acuan bagi negara lain untuk mengkonsolidasikan demokrasi," Presiden SBY menjelaskan.
Presiden kemudian mempersilakan Sultan Hassanal Bolkiah dan PM Xanana Gusmao untuk menyampaikan pandangannya. Sultan Bolkiah dan PM Xanana sama-sama menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia dan Presiden SBY. "Forum Demokrasi Bali akan menjadi warisan nasional dari SBY," kata Xanana. (fbw/yfw/har)


FOTO : Presiden SBY menyampaikan pidato pembukaan BDF VI di BNDCC, Bali, Kamis (7/11) pagi. (foto: cahyo/presidenri.go.id)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya