» » Yusril Ihza Mahendra ; Presiden Soeharto Tegas Terhadap Uni Soviet

Yusril Ihza Mahendra ; Presiden Soeharto Tegas Terhadap Uni Soviet

Penulis By on Senin, 18 November 2013 | No comments

Jakarta -- beritalima.com - Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menilai sikap pemerintah Indonesia terhadap penyadapan yang dilakukan Australia masih terlalu lunak. Padahal negara tersebut nyata-nyata telah mnggunakan fasilitas kedutaan besarnya di Jakarta untuk melakukan penyadapan.

"Sikap Pemerintah RI yang hanya 'memanggil' duta besarnya di Canbera untuk sekadar berkoordinasi belum menunjukkan sikap tegas. Koordinasi apa maksudnya?" ujar Yusril dalam pesan singkat yang diterima Sayangi.com, Selasa (19/11/2013).

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang ini menduga pemanggilan Dubes RI di Canbera hanya untuk diberi briefing mengenai sikap RI yang mengutuk penyalahgunaan fasilitas diplomatik untuk kegiatan spionase.

Menurut Yusril, sikap pemerintah RI sekarang beda jauh dengan sikap Presiden Soeharto yang tegas terhadap Uni Soviet akhir tahun 1970-an.

"Waktu itu sejumlah diplomat Soviet yang melakukan kegiatan mata-mata, temasuk staf penerbangan Airofolt diusir. Soeharto juga pernah mengusir diplomat Soviet dan minta negaranya mengurangi jumlah diplomatnya di Jakarta. Penerbangan Airoflot dari Moscow ke Jakarta juga ditutup."

Yusril menyayangkan sikap Pemerintah RI sekarang yang terlalu 'lembek' terhadap negara asing yang menginjak-injak harga diri kita sebagai sebuah bangsa. Yusril yang pernah menjabat Menteri Hukum dan Perundang-undangan ini mengaku dari dulu bersikap keras terhadap Australia yang suka bersikap seenaknya kepada bangsa kita. Ia  tidak ingin mereka mendikte Indonesia untuk kepentingan mereka, baik soal keimigrasian maupun soal imigran gelap.

"Makanya orang seperti saya tak disukai oleh negara-negara sejenis itu karena sikap saya keras terhadap mereka. Kalau saya yang jadi presiden, saya usir Dubes Australia yang salah menggunakan fasilitas diplomatik dan meremehkan bangsa dan negara ini," tegas Yusril. (MI)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya