» » Anggito : “Jumlah Petugas di Masjidil Haram Segera Ditambah”

Anggito : “Jumlah Petugas di Masjidil Haram Segera Ditambah”

Penulis By on Selasa, 08 Oktober 2013 | No comments

LKBKalimantan.com---- Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Anggito Abimanyu mengatakan jumlah orang yang bertugas di Masjidil Haram, Makkah, akan segera ditambah.

“Saya sudah lihat sendiri dan mendapat gambarannya, tidak banyak petugas di sana (Masjidil Haram),” ujar Anggito yang ditemui di Sekretariat Daerah Kerja Mekah, Senin (07/10).

Anggito yang baru saja melaksanakan ibadah umrah itu mengaku mendapat laporan banyak anggota jamaah yang tersesat di Masjidil Haram. “Ketika tadi keluar lewat (pintu) Marwah, tidak ada petugas. Saya langsung perintahkan Sektor Khusus dan Sektor 3 untuk menambah jumlah petugas,” katanya.

Anggito menegaskan, dalam satu-dua hari ke depan, petugas di Masjidil Haram akan ditambah, khususnya untuk mencegat jamaah yang tersesat serta posko-posko yang rawan dan lemah pengawasannya. Petugas yang akan ditambahkan, kata Anggito, akan diambil antara lain dari Madinah yang sudah tidak ada jamaah karena semuanya sudah berada di Makkah.

Terkait dengan makin dekatnya puncak kegiatan ibadah haji sehingga kondisi di Makkah, terutama Masjidil Haram semakin padat, Anggito mengimbau jamaah, terutama yang lanjut usia, tidak datang ke Masjidil Haram. “Lansia tidak perlu ke Masjidil Haram, tidak ada transportasi, salat di masjid-masjid dekat pondokan saja, pahalanya sama karena tanah haram itu tidak hanya Masjidil Haram,” katanya. Anggito mengatakan, pada H-5 menjelang wukuf di Arafah adalah masa-masa paling padat di Masjidil Haram. Jamaah Indonesia bisa terdesak karena bus shalawat (pemondokan – Masjidil Haram pp) tidak bisa dimanfaatkan satu negara, tetapi bersama jemaah negara lain. ***(fitri/ant/mkd).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya