» » SBY Tinjau Goa Gong Di Pacitan

SBY Tinjau Goa Gong Di Pacitan

Penulis By on Kamis, 17 Oktober 2013 | No comments

YOGYAKARTA (LKBKalimantan.com) - Hari ini Kamis,17 Oktober 2013, sebelum menuju Yogyakarta, Presiden SBY meninjau salah satu objek wisata terindah di Pacitan, yaitu Goa Gong. Di dalam Goa Gong, Presiden beserta rombongan sangat mengagumi bentuk stalagtit dan stalakmit yang indah. 

Stalaktit dan stalakmit adalah mineral sekunder yang merupakan khas goa karst (goa kapur). Stalaktit merupakan batuan yang meruncing ke bawah, sedangkan stalakmit merupakan batuan hasil tetesan stalaktit di atasnya sehingga berbentuk meruncing ke atas. Pertumbuhan stalaktit dan stalakmit tergolong sangat lambat, rata-rata pertumbuhannya adalah 0,13 mm per tahun. 

Goa Gong terletak di desa Bomo, kecamatan Punung, kabupaten Pacitan, sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Goa ini dinamakan goa gong karena konon suara seperti gong kerap terdengar dari dalam goa. Hal unik lainnya dari goa ini adalah adanya bagian-bagian goa yang diberi nama. Stalaktit dan stalakmit diberi nama Selo Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin. Sementara sumber air diberi nama Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan, dan Sendang Relung Nisto. Menurut penduduk setempat, sumber air ini dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit.***(FbSby)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya