» » Jangan Tolak Anak Autis

Jangan Tolak Anak Autis

Penulis By on Rabu, 16 April 2014 | No comments

JAKARTA-Penyanyi Ferina Widodo punya cara bersyukur. Mantan anggota kelompok vokal Elfa's Singer ini dititipi Tuhan anak 'spesial'. Putra keduanya, Wisnubroto Putra Widodo (19 tahun), didiagnosis autis sejak usia 2,5 tahun.

"Kita telah dititipi anak-anak 'spesial', maka kami orang tua 'spesial'. Jangan sia-siakan mereka, jangan tolak mereka," kata Ferina menyampaikan testimoninya di hadapan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, pada peringatan Hari Autisme Sedunia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/4) pagi.

Ferina menceritakan pengalamannya sebagai orang tua yang harus mencurahkan perhatian menyeluruh kepada anaknya yang menderita gangguan autisme dalam sesi dialog dengan Ibu Ani. Ia sepakat dengan yang disampaikan Ibu Ani bahwa diperlukan kepedulian bersama terhadap autisme.

Ibu Ani sendiri dalam sambutannya mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan kepedulian sesama terhadap autisme dan menghilangkan stigma yang merugikan penderita. "Kita harus melihatnya sebagai sebuah tantangan kolektif. Apabila semakin banyak orang bekerja dan membantu anak-anak dengan gangguan autisme maka mereka akan semakin memiliki ruang dalam mencapai mimpinya" ujar Ibu Ani. 

Lebih lanjut, Ibu Ani berharap sosialisasi kepada masyarakat tentang autisme terus dilakukan agar mereka memperoleh informasi yang benar. Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan, harus menjadi garda terdepan dibantu dengan para pemangku kepentingan yang memiliki kepedulian.

"Bila makin banyak yang peduli, saya yakin ke depannya autisme bisa kita kelola dengan baik. Terimalah keberadaan anak-anak kita dengan tulus. Insya Allah, mereka akan berkembang menjadi individu yang mandiri. Janganlah menjadikan individu autistik sebagai bahan olok-olok, karena akan justru mengganggu perkembangan psikologis mereka," Ibu Negara berpesan.

Sementara itu, seorang penderita autisme, Natrio Yoshosa namanya, menceritakan kisah suksesnya menjalani pendidikan normal. Natrio berhasil meraih gelar sarjana dari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogayakarta. Semula ia sempat mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Selama berlangsungnya acara, beberapa anak autistik tampak mondar mandir dan berteriak-teriak. Namun, tingkah anak-anak 'spesial' tersebut tidak sampai menganggu kelancaran acara luar biasa ini. Acara ditutup dengan manis dengan penampilan band I'm Star yang beranggotakan tiga anak autistik. 

Usai menghadiri acara ini, Ibu Negara juga berkesempatan meninjau display karya individu autistik di beranda belakang Istana Negara.***(yor)


Keterangan Gambar : Penyanyi Ferina menyampaikan testimoni mengenai pengasuhan anak autis, pada peringatan Hari Autisme Sedunia di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/4) pagi.***(foto: intan/presidenri.go.id)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya