» » Presiden Menerima Ketua CIIDS Bahas Kerja Sama Kawasan

Presiden Menerima Ketua CIIDS Bahas Kerja Sama Kawasan

Penulis By on Senin, 14 April 2014 | No comments

JAKARTA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan Ketua China Institute for Innovation and Development Strategy (CIIDS), Zheng Bijian, di Kantor Presiden, Senin (14/4) pukul 15.00 WIB. Dibahas perkembangan kawasan dan kemitraan kedua negara di masa mendatang.

"Sebagaimana diketahui kerja sama dan hubungan bilateral Indonesia dan Tiongkok baik, kuat, dan terus berkembang. Tentu saja kita punya kewajiban untuk meningkatkannya dari waktu ke waktu," kata Presiden SBY di awal pertemuan. 

Menurut SBY, secara pribadi ia memiliki hubungan yang baik dengan Presiden dan Perdana Menteri Tiongkok yang sekarang maupun yang terdahulu. Ini merupakan modal bagi peningkatan kemitraan strategis yang komprehensif di antara Indonesia dan Tiongkok.

Bagi Indonesia, posisi Tiongkok selain amat penting di kawasan dan dunia, juga merupakan sahabat baik dan mitra yang kuat untuk Indonesia. "Kami berharap kemitraan dan kerja sama Indonesia-Tiongkok menjadi bagian dari solusi keamanan, perdamaian, dan kesejahteraan di kawasan kita," Presiden menambahkan.

Di tengah perkembangan dunia, geopolitik kawasan juga terus mengalami perubahan. "Saya ingin mendengar dari Bapak pandangan tentang perkembangan kawasan kita dan kemitraan apa yang mesti kita tingkatkan di tahun-tahun mendatang," SBY menjelaskan.

Pada kesempatan ini, Presiden SBY juga berharap kerja sama antara CIIDS dengan CSIS (Center for Strategic and International Studies) dapat terus dilanjutkan.

Zheng Bijian datang dengan didampingi oleh, antara lain, Executive Vice Chairman of CIIDS Wu Jianmin, Charge d’Affairs Embassy of the People’s Republic of China in Indonesia Liu Hongyang, Senior Fellow of CIIDS Huang Renwei, dan Executive Deputy Secretary-General of CIIDS Feng Wei.

Ikut mendampingi SBY dalam pertemuan ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizsyah, dan Jubir Julian Aldrin Pasha.***(fbw)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya