» » » » » Menjangkau Peluang Investasi, Kecubung Ketapang di AITIS 2014

Menjangkau Peluang Investasi, Kecubung Ketapang di AITIS 2014

Penulis By on Rabu, 16 April 2014 | No comments

JAKARTA-Menurut Humas Sekretaris Daerah Ketapang dalam siaran persnya,bahwa Pameran 2nd AITIS 2014 yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) strategis bagi pemerintah daerah menjaring peluang investasi baru. 


Pameran itu diikuti 400-an stan dari kabupaten, propinsi, kementerian, BUMN, BUMS maupun negara sahabat, maka menjadi ajang strategis bagi Pemkab Ketapang mempromosikan potensi daerah.
Momentum ini juga penting dalam menggaet investor baru untuk membangun daerah kabupaten. Dalam pameran ini Pemkab Ketapang mempromosikan hasil kerajinan, potensi wisata, perkebunan, pertambangan, perikanan, pertanian dan lain-lain. Selain mempromosikan potensi daerah, solusi membangun daerah melalui sejulah seminar setiap hari juga diikuti Pemkab Ketapang. Mulai dari seminar kelautan, infrastruktur, pertanian, pengebangan perkebunan, pariwisata, pertanian dan lain-lain. Solusi membahas percepatan pembangunan sesuai dengan bidangnya itu, dibahas para narasumber terpercaya baik dari kementerian, ademisi,kadin dan lain-lain. Selain seminar, potensi unggulan daerah juga dipamerkan masing-masing kabupaten, termasuk Kabupaten Ketapang. 

Pemkab ketapang dalam AITIS 2014 menampilkan informasii pembangunan daerah, mulai dari rencana food estate, perkebunan, kelautan, hasil kerajinan, pertambangan dan lain-lain. Salah satu potensi kerajinan dari ketapang yang cukup mengundang perhatian pengunjung itu adalah batu permata kecubung atau amethyst.
Walaupun keindahan batu kecubung ditampilkan sejumlah stan kabupaten. Tetapi, keaslian kecubung Ketapang tetap menempati tempat bagi pengunjung AITIS 2014."Kualitas hasil kerajinan batu pertama kecubung asal Ketapang ini tidak kalah dengan permata dari luar," kata Drs H.Syahrani, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ketapang.
Momentum mengenalkan potensi kerajinan permata kecubung Ketapang, maka salah satunya melalui Pameran AITIS 2014. Melalui pameran itu diharapkan potensi daerah ini bisa dilirik pihak ketiga yang dapat bermitra dengan pengrajin, termasuk dalam upaya pemasarannya.
Besarnya minat pengunjung terhadap batu permata ini, tak hanya keindahan batu. Sisi lain, banyak yang mempercayai batu permata kecubung mengandung energi dan ‘tuah’ tersendiri. Ada juga percaya membuka aura, memancarkan pesona dan kharisma serta mendatangkan keberuntungan di segala bidang kehidupan.
Indahnya kecubung Kalimantan diakui wawan, salah satu pengrajin batu asal Ketapang Ia mengatakan salah satu keunikan Kecubung Kalimantan lebih baik dari daerah lain, penyebabnya karena Kalimantan dilintasi matahari. ***(Humas/LKBK)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya