» » » » » » Arnold Thenu,Ketua FORMAMA : “Gubernur Maluku Harus Belajar Dari Bupati Bursel”

Arnold Thenu,Ketua FORMAMA : “Gubernur Maluku Harus Belajar Dari Bupati Bursel”

Penulis By on Senin, 26 Desember 2016 | No comments

MALUKU-Kabupaten Buru Selatan (BurSel) adalah kabupaten yang boleh dikatakan baru 'seumur jagung.' Jika dibandingkan secara umum dengan Kabupaten lainnya di Indonesia. Dan, dibandingkan secara khususnya di Maluku maka Kabupaten BurSel tergolong masih muda belia. Tetapi, saat ini kita tidak bisa melihat Kabupaten BurSel yang berada dalam wilayah Provinsi Maluku dengan sebelah mata. Apalagi, hanya dengan menggunakan tolak ukur usia Kabupaten tersebut sebagai barometer keberhasilannya. Karena, usia tua suatu Kabupaten bukanlah suatu jaminan keberhasilan. Dan, usia muda suatu Kabupaten bukan berarti tidak memungkinkan untuk bisa berkembang melebihi Kabupaten yang berusia lebih tua. Semua ini tergantung kepada kegigihan dan kesungguhan serta komitmen pemimpin daerah tersebut. Dan, dalam hal ini Bupati mempunyai peranan yang sangat penting untuk melakukan perubahan demi kemajuan Kabupaten tersebut.

Hal itu disampaikan Arnold Thenu, Ketua Forum Masyarakat Maluku (FORMAMA) melalui Siaran Persnya kepada Portal LKBK65.com, Senin (26/12/2016) sore. 
                                                                                                                                                  “Dahulu,masyarakat Maluku sendiri tidak banyak mengetahui tentang daerah tersebut (BurSel). Mungkin,daerah itu di anggap sebagai daerah tertinggal yang tidak menarik perhatian.Tetapi,sekarang justru menjadi menarik untuk diperhatikan sejak menjadi Kabupaten. Dan, daya tarik tersebut tidak dapat kita pungkiri berkaitan dengan keberhasilan dari kerja keras Tagop Soulisa sebagai Bupati BurSel. Perlahan tapi pasti Bupati BurSel telah melakukan perubahan demi perubahan secara nyata sekalipun dengan anggaran belanja yang tidak spektakuler;”kata Arnold Thenu.
                                                                                                                                                  Selanjutnya kata Arnold,bahwa menurut keterangan anggotanya (FORMAMA-red) yang berasal dari BurSel; tingkat kemiskinan di Kabupaten BurSel yang awalnya dapat dikatagorikan dibawah standart. Sekarang, telah berangsur-angsur membaik seiring dengan berjalannya waktu. Itu artinya ada suatu peningkatan taraf hidup di BurSel. Tetapi,kata Arnold, ironisnya Provinsi Maluku di bawah kepemimpinan Said Assagaff sebagai Gubernur tidak mampu membuat peningkatan taraf hidup masyarakat di Maluku pada umumnya. Sehingga membuat Provinsi Maluku bertengger di posisi ke 4 sebagai Provinsi termiskin di Indonesia. Dan, ini adalah signal negatif dari suatu kegagalan mengelola suatu pemerintahan yang tidak berorientasi kepada kepentingan rakyat sebagai prioritasnya.    
                                                                                                                                                  “Dahulu,jika kita dari Ambon (Ibu Kota Provinsi Maluku) ingin pergi menuju Namrole (Ibu Kota Kabupaten BurSel) harus siap membuang banyak waktu menempuh jalur laut agar bisa sampai kesana. Karena, keterbatasan sarana transportasi lainnya. Tetapi, saat ini kita bisa menggunakan transportasi udara (pesawat) ke Namrole pada setiap harinya sebagai salah satu pilihan yang efektif tanpa harus membuang banyak waktu. Ini bisa kita indentifikasikan sebagai salah satu unsur adanya pertumbuhan ekonomi di BurSel yang telah mencapai target tertentu. Karena, tidak mungkin suatu maskapai penerbangan membuka line penerbangan dari Ambon ke Namrole pada setiap harinya tanpa pertimbangan alasan yang obyektif”,ungkap Arnold Thenu, Ketua Forum Masyarakat Maluku (FORMAMA).
                                                                                                                                                 Dalamkepemimpinan daerah (Bupati/Gubernur),ujar Arnold,bahwa kita tidak bisa hanya sekedar berbicara soal pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrakstruktur saja. Karena, jabatan tersebut tidak bisa kita lepaskan dari unsur politik. Sehingga tidak bisa disalahkan jika jabatan tersebut dikatakan sebagai jabatan politik. Dan, kebijakan politik serta hubungan setiap element yang ada akan mempengaruhi harmonisasi suatu kemajuan yang ingin di capai oleh seorang pemimpin daerah. Dalam hal ini, Gubernur harus belajar juga dari Bupati Bupati BurSel. Dimana Bupati BurSel senantiasa berusaha merangkul dan membangun komunikasi yang baik dengan semua element termasuk partai-partai politik.
                                                                                                                                                  “Sekalipun ada kerikil-kerikil kecil dalam menjalankan kebijakan roda pemerintahannya. Bupati BurSel, tidak pernah menjadikan hal tersebut sebagai suatu alasan untuk menjauhkan diri apalagi memusuhi pihak-pihak yang berseberangan. Karena, idealnya sebagai pemimpin harus mampu mengayomi seluruh kekuatan yang ada termasuk partai politik tanpa tebang pilih. Ini tentu berbeda dengan rumours yang berkembang, dimana Gubernur Maluku yang di usung oleh Partai Golkar hanya menganakemaskan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Jika rumours ini adalah fakta, maka menjadi wajar bila Gubernur Maluku akan mengalami kesulitan untuk mengelola stabilitas politik guna menopang prestasi dalam masa kepemimpinannya yang minim prestasi seperti sekarang ini”,kata Arnold.
                                                                                                                                            Kemudian lanjut Arnold Thenu,bahwa dimasa jabatan Gubernur yang tinggal seumur jagung, diharapkan Gubernur jangan hanya bisa melihat ke atas. Tetapi, mau melihat kebawah agar bisa mengetahui suatu kenyataan yang terjadi di sekitarnya. Dan, Gubernur tidak perlu belajar jauh-jauh membandingkan perihal kemajuan suatu Provinsi di dalam atau di luar negeri jika ada contoh baik di sekitarnya untuk dijadikan panutan.    
                                                                                                                                                   “Gubernur Maluku harus banyak belajar kepada siapa saja; baik itu kepada orang yang lebih tua ataupun orang yang lebih muda sekalipun. Karena, semua tempat dan waktu serta setiap kesempatan adalah sekolah untuk kita semua belajar. Jadi, Gubernur Maluku tidak perlu malu untuk menimba ilmu dari jajaran dibawahnya. Termasuk belajar dari keberhasilan Bupati BurSel demi kemajuan masyarakat Maluku pada khususnya dan bagi Provinsi  Maluku pada umumnya di penghujung masa jabatannya sebagai Gubernur”,pungkas Arnold Thenu, Ketua Forum Masyarakat Maluku (FORMAMA).***(Halim Anwar/LKBK65).

Gambar: Bupati Buru Selatan, Tagop Soulisa (kiri) sebagai nara sumber Executive Business Forum & Matching About Investation & Local Economic, belum lama ini.***(Ist).
____

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”
___
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya