» » » » » » » Bupati Ketapang Martin Rantan,SH : “LSM Lebih Mementingkan Orang Utan, Ketimbang Manusia”

Bupati Ketapang Martin Rantan,SH : “LSM Lebih Mementingkan Orang Utan, Ketimbang Manusia”

Penulis By on Senin, 26 Desember 2016 | No comments

KETAPANG-Kepada perusahaan-perusahaan investasi yang ada di Kabupaten Ketapang,baik perkebunan,pertambangan,industri dan sebagainya,diingatkan Bupati Ketapang,Martin Rantan,SH, dalam pengelolaan sumber daya alam agar tetap memperhatikan lingkungan,dan Martin berpesan untuk selalu menghormati kearipan lokal.

Hal itu disampaikan Martin Rantan ketika memberikan penghargaan bagi wajib pajak daerah dan mitra pendukung pengelolaan pajak daerah tahun 2016 di Borneo Hotel Emerald Ketapang, pada pertengahan Desember 2016 lalu.

“Sekali lagi tolong hormati kearipan lokal, jangan sampai, misalnya adat istiadat yang ada menjadi tidak dihargai,jadi tolong,supaya kenapa ? Supaya masyarakat mempunyai rasa memiliki, mempunyai sense of belonging terhadap hadirnya perusahaan investasi ditempat itu”,kata Bupati Ketapang, Martin Rantan,SH.

Seperti dikatakan Martin Rantan sebelumnya,bahwa urusan lingkungan hidup tidak hanya pohon,udara,air,tanah,tapi juga yang terkandung didalamnya adalah yang paling penting manusia.

“Jangan kita terlalu mengikuti LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat),yang lebih mementingkan Orang Utan ketimbang mementingkan manusia yang ada di Kabupaten Ketapang.Saya sangat sedih ada mereka-mereka yang sangat peduli dengan Orang Utan, tetapi rakyat yang hidup disekitar hutan itu menderita kelaparan, tidak bisa sekolah,tidak bisa melayani soal pendidikan dan kesehatan”,tegas Martin.

Idealnya kata Martin,rakyat maju baru memperhatikan yang begitu-begitu. Tetapi sekarang okelah sama-sama yang mengurus lingkungan hidup, Orang Utan dan sebagainya silakan, tapi juga rakyat perlu kita majukan. Karena membangun daerah ini tidak terlepas dari index pembangunan manusia yang terdiri dari tiga unsur. Unsur pendidikan, unsur kesehatan, dan unsur ekonomi.

“Daerah akan maju apabila ketiga unsur ini terpenuhi. Tiga unsur ini mempunyai titik kemajuan, kemajuan dibidang pendidikan, kemajuan dibidang kesehatan, dan kemajuan juga dibidang ekonomi. Kalau tidak kemajuan itu tidak akan tercapai. Katakanlah industri yang besar masuk di sini,berapa trilyun,tetapi dengan industri besar itu tidak ada kontribusi untuk kemajuan,untuk perkembangan pertumbuhan ekonomi di daearh ini, khususnya ekonomi rakyat,kesehatannya tidak terpenuhi, pendidikannya susah,artinya index pembangunan manusia di daerah ini tidak terlaksana dan tidak tercapai dengan baik”,kata Bupati Ketapang, Martin Rantan,SH.***(Halim Anwar/LKBK65).

Gambar: Documen Portal LKBK65.
____

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”
___
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya