» » » » » Kadis Kesehatan Ketapang Turun Langsung Ke Daerah Terpencil

Kadis Kesehatan Ketapang Turun Langsung Ke Daerah Terpencil

Penulis By on Rabu, 27 November 2013 | No comments


KETAPANG (LKBK)-Agar berlangsungnya kehidupan dengan sempurna maka kesehatan adalah faktor utama dan penting untuk selalu dijaga. Oleh karena itu tugas utama pemerintahlah untuk melakukan penyuluhan dan pengadaan fasilitas sarana serta prasarana bidang kesahatan ini kepada masyarakat.

Mengingat sangat pentingnya kesehatan bagi masyarakat maka Pemerintah Daerah Ketapang melalui Dinas Kesehatan tak henti-hentinya melakukan pembinaan,termasuk mempersiapkan kecukupan fasilitas dan pemberian pelayanan kesehatan itu.

Sasaran utama pelayanan kesehatan yang dilakukan adalah pada daerah terpencil,perbatasan,dan kepulauan,dan pelayanan ini telah dan sedang serta akan dilakukan secara kontinyu oleh Dinas Kesahatan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang dr.H.Heri Yulistio,M.Kes kepada LKBK,Rabu (27/11) dia bersama sejumlah stafnya telah melakukan kunjungan ke daerah terpencil, meskipun hari libur,selama satu minggu sejak Jumat (22/11) di Kecamatan Sungai Laur ia turun langsung ke Randau Limat dan Munggug Meranang,hasilnya adalah kesehatan masyarakat setempat cukup terjaga dengan baik meski pasilitasnya belum terpenuhi seperti yang diinginkan.

Selanjutnya,kata Heri,Pemerintah Daerah Ketapang melalui Dinas Kesehatan yang dipimpinnya melakukan pembenahan-pembenahan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat,dan saat ini Dinas Kesehatan sedang membangun fasilitas Pos Kesehatan Desa yang menyebar di Kabupaten Ketapang melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pembangunan Pos Kes Des itu ada yang sudah selesai dan ada juga sedang dikerjakan,”ungkap dr.H.Heri Yulistio,M.Kes.

Selain pembangunan fasilitas pisiknya,menurut Heri,Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang juga telah menempatkan tenaga medis disetiap desa.

“Di setiap desa kami sudah tempatkan petugas medis,hanya saja sementara mereka masih tinggal di rumah-rumah penduduk,karena belum ada fasilitas untuk tempat tinggal mereka,”aku Heri.

Pembangunan itu menurut Heri adalah merupakan langkah-langah pemenuhan dan distribusi fasilitas kesehatan,dengan mempersiapkann kecukupan fasilitas kesehatan,termasuk memenuhi alat medis essensial untuk pemberian pelayanan kesehatan terutama pada daerah terpencil,perbatasan,dan kepulauan.***(H/BD/LKBK)

FOTO : Kadis Kesehatan Ketapang dr.H,Heri Yulistio,M.Kes saat menuju ke daerah terpencil,dan pembangunan salah satu fasilitas Pos Kes Des di daerah terpencil di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.***(doc.dr.Heri Yulistio,M.Kes)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya