» » » » » Tingkatkan Nilai Tambah Hasil Tani,Klaster Berdaya,Latih Perempuan Handil Sohor Membuat Mie Sehat

Tingkatkan Nilai Tambah Hasil Tani,Klaster Berdaya,Latih Perempuan Handil Sohor Membuat Mie Sehat

Penulis By on Senin, 14 November 2016 | No comments

KOTAWARINGIN TIMUR-Bertempat di kediaman Ketua RW 04 Transhandil, Kelompok Wanita Dusun Transhandil, belum lama ini mengikuti pelatihan pembuatan olahan pangan “Mie Sehat” yang dilaksanakan atas kerjasama PKPU dan Joglo Tani. Pada pelatihan ini juga menghadirkan Muhammad Machin yang merupakan praktisi olahan pangan asal Jogyakarta. Muhammad Machin sudah menggeluti usaha Mie Sehat berbahan dasar sayur dengan cakupan pemasaran jaringan agen di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Pelatihan pengolahan produk pertanian diberikan mengingat potensi hasil panen terutama sayur yang berlimpah dan memiliki kualitas yang baik. Harapannya pasca mendapat ketrampilan ini para ibu rumah tangga mampu membantu ekonomi keluarga dengan inovasi produk olahan dari hasil pertaniannya.

Para peserta sangat antusias mendengarkan penjelasan Muhammad Machin tentang cara pengolahan dan nilai tambah dari penggunaan bahan dasar hasil tani. Salah satu keunggulan dari produk yang diajarkan adalah mie sehat tampil sebagai bahan organik dan alami tanpa MSG atau bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Kali ini pelatihan berfokus pada pengolahan bayam, ketela dan aneka labu sebagai bahan utama mie sehat. Secara sigap ibu – ibu langsung berbagi peran dalam praktek membuat mie, mulai dari  mempersiapkan adonan, memblender sayur yang sudah dipotong kecil-kecil, hingga menggiling. Di akhir pelatihan mie yang sudah jadi dimasak dan dinikmati bersama.

“Bisa-bisa warung mie ayam tidak laku ini, kami sudah bisa membuat mie sendiri. Selain mudah, murah, dan sehat, kami juga bisa menghemat. Terima kasih karena sudah berbagi ilmunya dan lezatnya menikmati hasil panen sendiri,” ucap Ibu Tini sembari menyeruput semangkuk mienya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Pemerintah Desa setempat,tidak cukup di wilayah Transhandil, Kepala Desa segera mengumpulkan perwakilan ibu – ibu dari lingkungan Desa Handil Sohor untuk melaksanakan pelatihan di rumahnya pada sore harinya. Dengan begitu ilmu dan semangat itu dapat direplikasi oleh seluruh penduduk desa.

“Pelatihan ini sangat membantu para ibu-ibu Handil Sohor untuk meningkatkan kreativitas mereka dan menjadikan peluang bisnis dalam meningkatkan taraf hidup setiap keluarga. Pelatihan ini juga bisa menjadi cikal bakal home industri yang bisa mengangkat nama Handil Sohor sebagai desa produsen mie Sehat. Tentu saja hal ini harus diimbangi dengan belajar lebih lanjut mengenai pemasaran dan kualitas produk unggulan. Program Klaster Berdaya menjadi harapan kami untuk bersama melakukan pengembangan dan potensi desa ini,"jar Bu Badriah istri Kepala Desa Handil Sohor.***(Anggie/LKBK)..


____

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

____
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya